jump to navigation

Pelatihan Dasar Penanganan Konflik July 31, 2007

Posted by cspsugm in Activities.
trackback

LATAR BELAKANG

Konflik merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Secara personal kita mengalami konflik dalam rumah tangga. Dalam hubungan yang luas, konflik terjadi dalam hubungan sosial, ekonomi, dan politik seperti tawuran pelajar, konflik industri dan agraria, konflik etnis dan sektarian, hingga konflik antar negara.

Jika dikelola, konflik sebenarnya memiliki nilai positif bagi interaksi manusia. Masalahnya pengetahuan dan ketrampilan yang memadai untuk mengelola konflik sering tidak dimiliki oleh mereka yang terlibat konflik ataupun yang menangani konflik. Akibatnya konflik tidak hanya tidak berhasil dikelola, dalam banyak kasus bahkan memperparah konflik yang terjadi.

Untuk menjawab kebutuhan akan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam mencegah, menangani dan menyelesaikan konflik, maka Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan program pelatihan Dasar Konflik dan Penanganan Konflik.

Program ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengertian dan pemahaman dasar konflik, cara menganalisa konflik, dan keterampilan dasar yang diperlukan ketika berhadapan dengan situasi yang terkait dengan konflik.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini menggabungkan kerangka teori dan studi kasus. Sehingga memudahkan peserta menggunakan pengetahuan dan keterampilan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan ini diadakan dua kali dalam setahun, yaitu pada Minggu ke-2 Bulan Maret dan September. Pelatihan berlangsung selama 5 (lima) hari. Peserta dibatasi sebanyak 20 orang. Pelatihan ini terbuka untuk semua kalangan, baik dari instansi pemerintah, swasta, dan pebisnis, dan masyarakat luas dari berbagai latar belakang.

MATERI:
1. Pengetahuan dasar tentang konflik: memahami teori-teori konflik dan perdamaian. Pengertian perdamaian positif dan perdamaian negatif, sumber-sumber konflik, dan jenis-jenis konflik.
2. Analisa konflik: peserta akan dikenalkan dengan beberapa alat analisa konflik, sehingga mampu menganalisa akar permasalahan, pihak-pihak terlibat, juga hubungan-hubungan yang ada.
3. Keterampilan mengelola konflik: peserta akan dibekali dengan beberapa keterampilan dasar dalam pengelolaan konflik berupa komunikasi, negosiasi, mediasi, membuat jaringan dan mengorganisasi masyarakat. Akan berguna ketika berhubungan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam konflik atau saat berada dalam situasi konflik.
4. Kunjungan lapangan: peserta akan mengunjungi tempat yang telah dipilih sebagai sarana pembelajaran secara langsung, dan pelengkap pelajaran di kelas.

FASILITAS:
1. Modul
2. Perpustakaan
3. Makan siang dan snack
4. Sertifikat

BIAYA
1. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-. Dibayarkan paling lambat akhir Februari atau akhir Agustus, bersama formulir pendaftaran.
2. Biaya pelatihan sebesar Rp. 3.000.000,-. Dibayarkan paling lambat satu minggu sebelum pelatihan. Biaya pelatihan tidak termasuk akomodasi selama pelatihan. PSKP dapat membantu mencarikan penginapan untuk peserta.

Seluruh biaya ditransfer ke rekening nomor 0029-01-057730-50-7, Bank Rakyat Indonesia Cabang Cik Ditiro Yogyakarta, atas nama Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian, Universitas Gadjah Mada.

INFORMASI
Untuk informasi lebih lengkap mengenai program ini dapat menghubungi Sdr(i) Aang, Tutik, atau Dody:
Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian
Universitas Gadjah Mada
Sekip K-9 Yogyakarta, Telp./Fax. (0274) 520733
E-mail:csps-ugm(at)jmn(dot)net(dot)id ; csps(at)ugm(dot)ac(dot)id

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: